Live Streaming - 98.7 GenFM Radio

Dengerin 98.7 GenFM Radio sambil ngerjain tugas ?? di abangkafi aja..
_____________________________________________________________________________

Pendekatan Kardinal dan Ordinal (Tugas 2)

A. Teori Kardinal

Teori ini menyatakan bahwa kegunaan dasar dapat dihitung secara nominal. Satuan ukuran kegunaan (utility) adalah util. Keputusan untuk mengonsumsi suatu barang berdasarkan perbandingan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan. Tokohnya adalah ahli ekonomi aliran subjektif dari Austria seperti: Gosssen, Yeavon, dan Leon Walras. 

Dalam pendekatan kardinal yang digunakan adalah pendekatan Guna Batas (Marginal Utility, MU). MU adalah tambahan kepuasan sebagai akibat bertambahnya satu satuan barang yang dikonsumsi. Semakin banyaknya barang yang dikonsumsi maka daya guna marginal (tambahan kepuasan) semakin berkurang, bahkan setelah mencapai titik tertentu menjadi negatif.

Marginal Utility ini diturunkan menjadi Total Utility, di mana Total Utility menunjukan jumlah kepuasan yang diperoleh dari mengonsumsi berbagai jumlah barang.

Asumsi pendekatan kardinal:

  • Kepuasan bisa diukur
  • Konsumen rasional, artinya konsumen bertujuan memaksimalkan kepuasannya dengan batasan pendapatannya.
  • Diminishing marginal utility, artinya tambahan utilitas yang diperoleh konsumen semakin menurun dengan bertambahnya konsumsi dari komoditas tersebut.
  • Pendapatan konsumen tetap
  • Constant marginal utility of money, artinya uang mempunyai nilai subjektif yang tetap.
  • Total utility, adalah addtive dan independent. Addtive artinya daya guna dari sekumpulan barang adalah fungsi dari kuantitas masing-masing barang yang dikonsumsi. Sedangkan independent mengandung pengertian bahwa data guna Xi tidak dipeengaruhi leh tindakan mengonsumsi barang, dan sebaliknya.

B. Teori Ordinal

Menurut teori ini, kegunaan tidak dapat dihitung, hanya dapat dibandingkan. Dasar pemikiran dari pendekatan ini adalah semakin banyak barang yang dikonsumsi semakin memberikan kepuasan terhadap konsumen.

Asumsi pendekatan ordinal:

  • Konsumen rasional
  • Konsumen mempunyai pola preferensi terhadap barang yang disusun berdasarkan urutan besar kecilnya daya guna
  • Konsumen mempunyai sejumlah uang tertentu
  • Konsumen selalu berusaha mencapai kepuasan maksimum
  • Konsumen konsisten
  • Berlaku hukum transitif


Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://oziekonomi.wordpress.com
Buku Ekonomi Kelas 2 penerbit Erlangga.

0 komentar:

Posting Komentar

  • description

::: Video Gallery

Kumpulan video-video tentang perkembangan pengetahuan teknologi di dunia. Video yang ada berasal dari berbagai sumber.

My Videos

  • Titel Here
    Short Description for your post
    • Titel Here
      Short Description for your post
      • Facebook
        Social networking is much-loved by those people in the world.
        • Google Chrome
          Runs web pages and applications with lightning speed.
          • Link Ads
            Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
            • Link Ads
              Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
              • Link Ads
                Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
  • Gunadarma University
    Gunadarma University awarded as The Best Private in Indonesia.
    • Facebook
      Social networking is much-loved by those people in the world.
      • SOTOJI
        Soto Jamur Instan, Soto jamur lezat tinggi kandungan serat & protein nabati.