Live Streaming - 98.7 GenFM Radio

Dengerin 98.7 GenFM Radio sambil ngerjain tugas ?? di abangkafi aja..
_____________________________________________________________________________

Telematika Dalam Dunia Teknologi Informasi dan Penerapanya

Telematika, dari kata tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita dan tak jauh dari unsur kata telekomunikasi dan informatika. Di era globalisasi masyarakatpun banyak mengetahui teknologi teknologi yang berkembang, tetapi tak sedikit masyarakat yang mengerti arti sesungguhnya dari kata "telematika".

Saya akan coba jelaskan arti telematika menurut informasi yang saya dapat dari beberapa sumber, dan mencoba memberikan kesimpulan menurut saya pribadi dari informasi yang di dapat.
Informasi berikut ini sumber yang saya dapat dari Wikipedia :
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atauICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. 
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS(Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Informasi berikutnya saya dapat dari  Telematics Research Group :
Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika.
Berikutnya informasi yang saya dapat dari Wartawarga Gunadarma :
Kata telematika berasal dari kata dalam Perancis yaitu telematique. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan alin Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe.


Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal itu tersebut terjadi juga jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).


Maka dapat disimpulkan telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital.



Kesimpulan yang dapat saya ambil :

Dari ketiga sumber di atas mengenai definisi dari "telematika" dapat disimpulkan telematika merupakan semua sarana, cara atau alat komunikasi elektronik yang mampu menghasilkan suatu informasi secara real time dengan jangkauan yang hampir tak terbatas (dapat di akses di seluruh dunia) yang berupa data multimedia diantaranya suara, huruf / angka, gambar, atau kombinasi-kombinasinya sebagai informasi yang berguna untuk suatu kepentingan.


Penerapan telematika untuk tunanetra.
Saya memiliki satu angan - angan untuk menerapkan telematika pada sebuah alat yang dapat menghasilkan informasi dan sangat berguna bagi tunanetra, untuk membantu dalam kegiatan sehari hari. Sebuah alat yang dapat mentransformasikan teknologi sonar menjadi informasi sebuah peringatan jika ada benda, manusia atau hewan yang ada di sekelilingnya. Alat tersebut dapat mendeteksi seberapa jauh halangan di depannya dan kalau bisa dapat mendeskripsikan benda, manusia ataukah hewan yang ada di depanya. Dengan begitu secara tidak langsung dapat menggambarkan apa saja yang ada disekitar pengguna alat tersebut.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://telematika.web.id/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/09/pengantar-telematika-22/

0 komentar:

Posting Komentar

  • description

::: Video Gallery

Kumpulan video-video tentang perkembangan pengetahuan teknologi di dunia. Video yang ada berasal dari berbagai sumber.

My Videos

  • Titel Here
    Short Description for your post
    • Titel Here
      Short Description for your post
      • Facebook
        Social networking is much-loved by those people in the world.
        • Google Chrome
          Runs web pages and applications with lightning speed.
          • Link Ads
            Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
            • Link Ads
              Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
              • Link Ads
                Mau pasang iklan ?, email aja ke xafi.hernandez@gmail.com
  • Gunadarma University
    Gunadarma University awarded as The Best Private in Indonesia.
    • Facebook
      Social networking is much-loved by those people in the world.
      • SOTOJI
        Soto Jamur Instan, Soto jamur lezat tinggi kandungan serat & protein nabati.